di awal tahun 2016. Sebenarnya, nama Aerox sempat luput dari perhatian publik, sebab perhatian penggemar otomotif Tanah Air tersedot oleh rencana kehadiran Yamaha MT-15. Namun bukan Yamaha namanya bila tak membuat kejutan. Jelang pergantian tahun kemarin, justru rumor kehadiran skutik Yamaha Aerox gaungnya terdengar lebih nyaring. Dan pada pertengahan Januari 2016 ini, secara resmi akhirnya PT YIMM meluncurkan Yamaha Aerox 125LC ke pasaran. Dari namanya saja jelas Aerox bukan skutik sembarangan. Label ‘LC’ yang menyertai namanya jelas menunjukkan bahwa skuter matik terbaru lansiran Yamaha ini akan bernuansa sporty, layaknya New V-ixion Lightning yang juga memiliki label ‘LC 4V’ pada namanya. Yamaha sendiri menyebut bahwa Yamaha Aerox 125 LC ini terinspirasi oleh tim balap Movistar Yamaha MotoGP yang tahun lalu berhasil menguasai ajang balap MotoGP. Apalagi, YIMM kali ini mengusung tagline ‘Life is a Race’ sebagai filosofi Aerox 125LC. So, nuansa sporty khas Yamaha memang kental tertanam pada Yamaha Aerox 125LC ini.
Nama skuter bergenre sport matic Aerox jika ditilik dari sejarahnya memang sudah cukup lama malang melintang di kancah industri kendaraan roda dua benua Eropa. Hal yang paling istimewa dari Yamaha Aerox 125LC tentu saja fakta bahwa skutik yang lahir di Indonesia ini merupakan versi tertinggi dari Yamaha Aerox. Yamaha sendiri selain terinspirasi dari line-up motor sport, juga menyebut Aerox 125LC ini merupakan hasil ‘kawin silang’ antara Yamaha GT 125 Eagle Eye dengan Yamaha X-Ride. Hal ini bisa dilihat dari desain Yamaha Aerox 125 LC yang memiliki ground clearence tinggi layaknya X-Ride, berpadu dengan desain body futuristik berkaraketer tajam khas GT 125 Eagle Eye. Meski Aerox bukanlah model skutik berteknologi Blue Core, namun Yamaha menjanjikan bahwa performanya tak kalah dengan model skutik lain yang sudah mengusung teknologi khas Yamaha tersebut. Kali ini Yamaha menggendong mesin 4-stroke SOHC dengan kapasitas isi silinder 125cc. Jika dilihat dari kapasitas mesinnya, maka Yamaha Aerox 125LC akan berdiri sejajar dengan Mio M3, GT 125, ataupun Xeon 125. Namun yang membedakan adalah, Aerox 125LC ini sudah menggunakan mesin berpendingin cairan alias liquid cooled. Kemudian, soal performa mesin pun Yamaha Aerox 125 LC termasuk yang paling ‘gahar’ di kelasnya. Hal ini karena Aerox memiliki perbandingan kompresi mesin 10,9:1, lebih besar dari New Fino 125 Blue Core. Mesin SOHC 125cc yang tertanam pada skutik terbaru Yamaha ini pun mampu memuntahkan tenaga maksimal mencapai 8,4 kW pada putaran mesin 9.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 10,4 Nm pada 6.500 rpm. Dengan tenaga yang lumayan besar tersebut, pastinya membuat Yamaha Aerox 125 LC bisa diajak berpacu dan bermanuver secara mantap. Apalagi, Yamaha pun juga menyematkan segudang fitur lengkap pada skuter matik terbarunya ini. Bagaimana, keren kan? Nah untuk lebih jelasnya, mari lihat ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Aerox 125LC pada segmen-segmen di bawah ini.
Skuter
Matik Bergaya Sporty dengan Desain Aerodinamis ala Motor Balap
Untuk segmen pertama ini, pertama kali kita akan
melihat perbedaan desain eksterior dari spesifikasi Yamaha Aerox 125LC ini.
Jika dilihat secara mendetail pada bagian desain eksteriornya, nuansa sporty
khas motor balap Yamaha bakal Bro dan Sis temukan pada Aerox. Seperti yang
sudah di sampaikan tadi, bahwa Aerox ini bisa dibilang memiliki desain body
‘mix and match’ antara Yamaha GT 125 Eagle Eye dan Yamaha X-Ride. Dari fascia
depan, nampak Yamaha Aerox 125LC memiliki karakter lampu utama tajam nan
futuristik, khas GT 125. Garis desain headlamp Aerox memiliki konsep runcing
dengan paduan lampu berjenis LED. Nuansa desain depan Aerox benar-benar kental
bernuansa racing. Apalagi cover dashboard yang dibuat berbentuk segitiga
terbalik semakin menambah kesan sporty pada Yamaha Aerox 125 LC ini. Bergerak
ke bagian sayapnya, Aerox 125LC juga terlihat nampak begitu futuristik dengan
dimensi lebar dan terdapat lubang ventilasi udara serta winglet layaknya motor
balap MotoGP. Untuk body sampingnya, didesain dengan lebih runcing dan tajam.
Begitu pula pada sektor buritan Yamaha Aerox 125LC yang sangat kentara sekali
aura Yamaha V-Ixion Advance dengan model stoplamp dan handle bar belakang yang
tersembunyi di balik jook. Untuk bagian jok, Aerox 125LC juga menawarkan nuansa
racing dengan adanya pembatas posisi duduk layaknya motor balap. Namun meski
begitu, desain jok ini tetap mengutamakan kenyaman pengendara. Terakhir untuk
bagian muffler atau knalpot, Yamaha Aerox 125LC mempertahankan desain pipa
pembuangan gas milik Xeon RC dan GT 125 dengan laburan cat hitam. Konsep ini
tak pelak semakin menambah karakter agresif pada Aerox
Dashboard
Futuristik Bernuansa Racing Lengkap dengan Panel Fungsional
Selanjutnya, setelah puas dengan spesifikasi Yamaha
Aerox 125LC pada bagian desain body, kita akan mengajak Bro dan Sis untuk
menilik salah satu bagian yang terlihat mencolok pada Aerox 125LC ini, yakni di
sektor konsol meter alias panel dasboard. Pada bagian yang satu ini, nampaknya
Yamaha Aerox 125LC mengambil konsep dasboard pada Yamaha X-Ride yang memiliki
kesan ‘adventure’ berupa handle bar atau setang bergaya naked bike yang
berukuran cukup panjang. Selain itu, setang ‘telanjang’ pada Yamaha Aerox 125
LC ini pun juga mirip pada X-Ride. Hal ini pasti menambah kesan maskulin pada
skutik yang satu ini. Kemudian, pada konsol meter didesain dengan model
membulat, terinspirasi jam digital. Konsol meter pada Yamaha Aerox 125LC
diracik tanpa cover, menyerupai sepeda motor naked bike. Pada dashboard ini
terdapat beberapa panel instrumen yang tersedia lengkap dan juga informatif,
seperti speedometer, odometer, indikator mesin, high beam, flasher, water
temperature dan juga indikator bahan bakar yang semuanya disajikan dalam
tampilan desain yang futuristik. Semua panel pada dashboard Yamaha Aerox 125 LC
pun juga tampak didesain secara harmonis, sehingga mudah terpantau. Sementara
itu, demi menjaga estetika, pada frame konsol meter dilabur dengan cat warna
hitam dikombinasikan warna kuning pada papan indikator yang membuatnya terlihat
lebih mewah dan berkelas. So, spesifikasi Yamaha Aerox 125LC di bagian panel
dashboard ini benar-benar terasa nuansa modernnya.
Sebagai motor yang berjenis skuter matik, faktor
kenyamanan merupakan prioritas yang dicari oleh kebanyakan pengguna. Hal ini
pulalah yang masih tetap dipertahankan YIMM melalui spesifikasi Yamaha Aerox
125LC ini. Kendati motor ini terlihat cukup sporty dan berdesain agresif, namun
untuk kenyamanan masih diutamakan. Terbukti dengan dimensi yang dibawanya,
dimana Aerox 125LC memiliki ukuran tubuh cukup kompak dan ramping yakni
berkisar 1857 x 742 x 1070 mm. Bobot Yamaha Aerox 125 LC sendiri juga cukup
ringan di kelasnya, yakni seberat 102 kg saja. Sementara motor ini juga
memiliki ground clearance lumayan tinggi, meskipun tidak setinggi X-Ride, yakni
135 mm. Jadi, jika melihat dimensi yang dibawanya, Yamaha Aerox 125 LC ini masih sangat nikmat untuk diajak
bermanuver di jalanan yang mulus ataupun medan bergelombang. Selain itu, Aerox
juga tetap asyik saat diajak menembus jalanan kota yang ramai. Apalagi, jika
Bro dan Sis menginginkan sensasi riding berbeda, Yamaha Aerox 125LC menawarkan
footpeg khusus di bagian dek tengah. Sehingga dengan adanya piranti ini, Bro
dan Sis bisa merasakan ergonomic riding ala motor sport yang nyaman.
Kesimpulannya, meskipun berdesain sporty, namun kenyataannya spesifikasi Yamaha
Aerox 125 LC memiliki dimensi fisik yang ergonomis, nyaman, dan cocok untuk
berkendara jarak dekat maupun jarak jauh.
Suspensi
Kokoh Didukung Ban Tapak Lebar Hadirkan Manuver Berkendara Sempurna
Desain body sporty yang dimiliki oleh spesifikasi
Yamaha Aerox 125LC tidak lepas dari dukungan suspensi dan juga spesifikasi
kaki-kaki yang turut menunjang penampilannya. Sama seperti varian skuter matik
pada umumnya, Aerox 125LC juga masih menawarkan kemudahan berkendara pada
penggunanya, selain tentunya performa yang mengedepankan kepraktisan. Untuk
menunjang hal tersebut, YIMM menyematkan dukungan suspensi berkualitas khas motor
matik Yamaha pada generasi Yamaha Aerox 125 LC ini. Skuter matik bernuansa
balap ini membawa rangka jenis underbone yang terkenal kokoh dan kuat dalam
menahan beban. Kemudian guna memberikan kenyamanan bagi pengendara serta
pembonceng, Yamaha Aerox 125LC juga dibekali dengan sistem supsensi depan
berjenis teleskopik, dan suspensi belakang berjenis lengan ayun. Kedua suspensi
ini diklaim sudah memiliki tingkat daya redam cukup baik untuk motor bersegmen
skuter matik. Sementara demi mengimbangi desain dan performa mesin, kali ini
Yamaha Aerox 125 LC mengusung piranti kaki-kaki berupa ukuran ban lebih gambot.
Hal ini tentunya untuk menjaga stabilitas berkendara dengan ban depan berukuran
70/90-14 dan ban belakang berukuran 70/100-14. Kedua ban tersebut membalut velg
racing berdiameter 14 inci. Sedikit tambahan informasi, yang membuat tampilan
Yamaha Aerox 125LC lebih gagah di bagian kaki-kakinya adalah kehadiran Front
Fender dan Fork Protection layaknya motor sport, yang cukup menunjang
tampilannya di bagian kaki. Terakhir untuk pengereman, spesifikasi Yamaha Aerox
125LC mengandalkan rem cakram di bagian depan dan drum brake di bagian belakang
yang sudah cukup mumpuni untuk mengontrol laju kendaraan.
Mesin
SOHC 125cc Berpendingin Cairan Hasilkan Performa Bertenaga
Mewakili genetik balap ala motor MotoGP, maka
spesifikasi Yamaha Aerox 125LC pun pastinya mengusung mesin dengan teknologi
terbaik guna menghasilkan performa bertenaga. Digadang-gadang akan dijejali
mesin berteknologi Blue Core, ternyata Aerox 125LC justru masih membawa
platform mesin yang sama dengan Yamaha Xeon 125 atau GT 125 Eagle Eye. Benar
sekali, kali ini Yamaha Aerox 125LC hadir dengan mesin bertipe empat langkah
jenis SOHC silinder tunggal. Meski belum mengadaptasi mesin berteknologi Blue
Core, namun Yamaha Aerox 125 LC justru sudah menggunakan pendingin cairan atau
liquid cooled. Hal ini tentu akan membuat suhu mesin pada Aerox menjadi lebih
terjaga. Aerox pun menjadi skutik pertama produksi YIMM yang menggunakan mesin
berpendingin cairan. Lalu, mesin pada Yamaha Aerox 125LC pun diklaim sanggup
menghasilkan power maksimum sampai 8,4 kw pada putaran 9.000 rpm, dengan torsi
puncak sampai 10,4 Nm pada putaran 6.500 rpm. Jika ditilik dari kalkulasi
performa mesinnya, Aerox 125LC merupakan skutik dengan tenaga paling powerful
di kelasnya. Mesin pada Yamaha Aerox 125 LC sendiri memang memiliki
karakteristik berbeda dengan mesin Blue Core, dimana mesin Blue Core memiliki
keseimbangan dari segi performa dan konsumsi bahan bakar. Sementara mesin pada
Aerox 125LC justru memiliki optimalisasi pada sektor performa yang lebih
beringas. Hal tersebut menurut YIMM karena Yamaha Aerox 125LC untuk kali ini
lebih fokus pada segmen pria yang menyukai motor berperforma maksimal. Namun
untuk mesinnya sendiri juga tidak terlalu boros bahan bakar karena sudah
mengusung sistem suplai bahan bakar Fuel Injection. Sementara layaknya motor
generasi baru lainnya, spesifikasi Yamaha Aerox 125 LC untuk komponen mesinnya
juga telah mengadopsi teknologi mutakhir, berupa Forged Piston dan juga DiASil
Cylinder yang akan mereduksi gesekan antar komponen pada ruang mesin.
Fitur
Pendukung Lengkap Khas Skuter Matik Masa Kini
Tibalah pembahasan untuk spesifikasi Yamaha Aerox
125LC di bagian terakhir, yakni fitur penunjang. Nah kali ini, layaknya motor
skutk lainnya, Aerox 125LC juga menawarkan nilai lebih lewat fitur penunjang
yang dimilikinya. Pada motor bergaya sport-matic yang satu ini, Bro dan Sis
tetap bisa menjumpai segudang fitur berkelas layaknya motor premium. Untuk
fitur kenyamanannya, jok pada Yamaha Aerox 125 LC pun dibuat bertingkat, serta
ada benjolan pada bagian penumpang atau pemboncengnya. Desain jok khas motor
sport ini berfungsi untuk menahan tubuh pembonceng agar tidak merosot ke depan.
Kemudian ada pula bagasi luas yang bisa digunakan untuk menyimpan helm half
face. Lantas demi menunjang kenyamanan berkendara, Yamaha Aerox 125LC juga
menawarkan tiga position riding yang bisa dipilih oleh pengguna, yakni Racing
Style untuk berkendara model balap, Top Performance untuk model berkendara
performa maksimal, dan Agile Manuver untuk manuver lebih lincah. Sementara
untuk fitur keamanan, spesifikasi Yamaha Aerox 125 LC juga sudah dibekali
dengan ragam fitur modern dan fungsional, seperti smart side stand switch dan
juga smart key shutter.
Yamaha Aerox 125LC
Mesin
Tipe 4-stroke,
SOHC, Single cylinder, liquid cooled
Kapasitas Isi Silinder 125 cc
Diameter x Langkah 52,4
x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi 10,9:1
Daya Maksimum 8,4
kW/9000 rpm
Torsi Maksimum 10,4
Nm/6500 rpm
Kapasitas Oli Mesin Total
= 0,90 L ; Berkala = 0,80 L
Sistem Pelumasan Basah
Sistem Bahan Bakar Fuel
Injection
Tipe Kopling Kering,
sentrifugal
Tipe Transmisi CVT
V-belt automatic
Tipe Starter Elektrik
& kick starter
Dimensi
P x L x T 1857
x 742 x 1070 mm
Jarak Sumbu Roda 1265
mm
Jarak Terendah ke Tanah 135 mm
Berat Isi 102
kg
Kapasitas Tangki BBM 3,8
L
Rangka
Tipe Underbone
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Unit swing
Ban Depan 70/90-14M/C
34P
Ban Belakang 70/100-14M/C
40P
Rem Depan Disc
brake, cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Rem Belakang Drum
brake
Kelistrikan
Tipe Baterai Yuasa
YTZ5S
Busi NGK
CR7E
Pengapian TCI
Harga Yamaha Aerox 125LC
Melihat detail spesifikasi yang tadi sudah di
sampaikan di atas, rasanya memang layak jika Yamaha Aerox bakal menjadi idola
baru di kalangan konsumen, terutama untuk bikers pria. Nah jika tadi kita sudah
puas membedah spesifikasi teknisnya, lantas bagaimana dengan harga Yamaha Aerox
125LC ini ya? Tahan dahulu keingintahuan Bro dan Sis soal harga. Sebelum kita
berbicara lebih jauh soal harganya, ini sedikit kesimpulan mengenai spesifikasi
teknis yang sudah sama-sama kita bahas tadi. Membawa desain yang benar-banar
fresh di segmen skuter matik dengan spirit MotoGP dan nama besar Aerox, membuat
tampilan Aerox 125LC terlihat futuristik dan beda dari yang lain. Belum lagi,
Yamaha Aerox 125LC hadir dengan performa terbaik di kelasnya lewat mesin
4-stroke 125cc Liquid Cooled dan teknologi mesin yang diklaim paling powerful
untuk kelas skutik 125cc. Meskipun belum berteknologi Blue Core, namun performa
mesin Aerox jelas tak kalah dari skutik besutan Yamaha lainnya. Lantas,
banderol harga Yamaha Aerox 125 LC pun juga ditentukan oleh fitur-fitur
pelengkapnya. Seperti misalnya fitur Smart Key Shutter, bagasi ekstra luas,
Side Stand Switch, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya. Nah melihat
banyaknya value yang ditawarkan oleh YIMM lewat Aerox 125LC, maka sangat wajar
apabila motor ini ditempatkan di level teratas skuter matik 125cc. Lantas
sebagai skutik kelas atas, berapa ya kira-kira harga Yamaha Aerox 125LC ini?
Berbicara soal harga Yamaha Aerox 125LC, ternyata PT
YIMM mengambil segmen menengah. Itu artinya, banderol harga Aerox akan berada
di atas harga model lain, speerti GT 125 atau Mio M3, namun tak akan semahal
model skutik premium, seperti Yamaha NMAX. Dari informasi yang kami dapatkan,
banderol harga Yamaha Aerox 125 LC ini berada di kisaran Rp 18,2 jutaan. Harga
tersebut membuat Aerox menjadi salah satu skutik dengan harga paling mahal
untuk segmen low-end. Sedianya, Yamaha Aerox 125LC akan ditawarkan dalam tiga
pilihan warna bercorak menarik yang bisa dipilih pengguna, antara lain Racing
Blue, Champion Matt Grey, dan juga Light Speed White. Dengan bekal desain
berkarakter agresif dan sporty, serta pilihan warna yang keren abis, tentunya
Aerox siap menjadi idola baru di segmen skutik. Apalagi, meski lumayan mahal,
banderol harga Yamaha Aerox 125LC ini sudah cukup kompetitif untuk bertarung di
segmen skutik kelas menengah.
Harga
Yamaha Aerox 125LC
Rp 18.200.000,- (OTR Jakarta)
Dengan merilis Aerox 125LC di pasaran Indonesia, hal
ini merupakan langkah tepat Yamaha untuk menyegarklan line-up produksi motor
matik di dalam negeri. Apalagi melihat beberapa periode terakhir, pasar skutik
belum tergoyahkan sehingga pantas apabila YIMM menaruh harapan besar pada Aerox
125 LC untuk bisa mendongkrak penjualan. Berbicara soal harga Yamaha Aerox
125LC, maka skutik terbaru ini akan bersaing dengan Honda Vario 125 eSP.
Kebetulan, Yamaha pun mengusung konsep berbeda dengan sang kompetitor. Bila
Vario 125 eSP menyasar pengguna yang mendambakan skutik elegan yang fungsional,
maka Yamaha Aerox 125LC ini hadir untuk memenuhi adrenalin konsumen kaum muda
yang berjiwa sporty. Sasaran pasar Yamaha pun bisa semakin luas mengingat Aerox
125LC merupakan skutik yang useful, artinya bisa diajak untuk melibas semua
karakter jalanan. Dengan harga Yamaha Aerox 125 LC yang cukup kompetitif pula,
PT YIMM memang cukup percaya diri pada produk barunya ini. So, skutik terbaru
yang sporty abis ini bisa menjadi referensi bagus bagi Bro dan Sis yang
mendambakan motor matik berkarakter agresif dengan performa bertenaga. Sekian
dulu perjumpaan kita dalam sesi pembahasan spesifikasi dan juga harga Yamaha
Aerox 125LC ini.
ConversionConversion EmoticonEmoticon