Hampir
selama sepekan terakhir, kabar mengenai Yamaha Xabre 150 mendapat atensi
yang cukup besar dari penggemar otomotif roda dua di Tanah Air. Berita bakal
segera hadirnya keluarga baru Yamaha MT Series itu semakin heboh ketika di
Thailand sana Xabre 150 sudah lebih dulu nongol dengan nama Yamaha M-Slaz.
Meski PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) belum memberikan
keterangan resmi mengenai kehadiran Xabre 150, namun banyak yang berpendapat
bahwa sosok M-Slaz Thailand-lah yang kelak akan diboyong ke Indonesia dengan
nama Xabre 150. Kehebohan soal Yamaha Xabre 150 pun semakin menjadi-jadi
ketika netizen Thailand dan beberapa sumber di sana berhasil mengabadikan sosok
utuh M-Slaz yang diyakini sebagai Xabre 150 versi Thailand. Beberapa spyshot
yang beredar menunjukkan bahwa Yamaha Xabre 150 akan mengusung konsep
naked street fighter dengan desain bodi yang lebih agresif. Lantas pertanyaan
pun muncul? Bukankah di segmen naked sport bike kelas entry level Yamaha sudah
punya New V-ixion? Kabar segera hadirnya Xabre 150 memang menimbulkan banyak
spekulasi. Salah satunya adalah kehadiran Yamaha Xabre 150 akan menggerus
pasar Yamaha New V-Ixion yang kini masih merajai segmen sport bike kelas
pemula. Spekulasi lain yang juga cukup masuk akal adalah Xabre 150 ini
dihadirkan sebagai jawaban atas kemunculan All New Honda CB150R StreetFire yang
mulai menggoyang dominasi V-Ixion.
Terlepas
dari banyak spekulasi yang menyertainya, Yamaha Xabre 150 memang
menawarkan pengalaman lain yang bisa didapatkan dengan mengendarai motor sport
berjenis naked street fighter. Sebelum Yamaha M-Slaz muncul di Thailand, banyak
yang menilai Xabre 150 hanyalah versi telanjang dari Yamaha YZF-R15. Namun
spekulasi itu terbantahkan lewat penampakan Yamaha M-Slaz, atau Yamaha
Xabre 150 untuk versi Indonesia. Yamaha mendesain Xabre 150 lewat karakter
agresif yang cukup kuat. Mulai dari desain headlamp yang dibentuk tajam
hingga menimbulkan kesan angker khas motor street fighter. Lantas pada bagian bodinya
sendiri sangat kentara aroma naked bike lewat shroud memanjang ke depan, dan
tangki bensin yang dibuat meninggi. Begitupun untuk desain joknya, di mana
tempay duduk pada Yamaha Xabre 150 dibuat dengan model terpisah khas motor
sport masa kini. Melengkapi kesempurnaan desain dari Xabre 150, motor ini
menawarkan shock depan dengan sistem Up-Side Down dan lengan ayun belakang
model banana swing arm layaknya moge masa kini. Pada bagian jeroannya sendiri,
Yamaha Xabre 150 dibekali dengan mesin bawaan Yamaha YZF R-15 lewat mesin 4
tak, berkapasitas ruang bakar 149 cc, single cylinder, SOHC, 4-valve, liquid
cooled, 6 speed dengan perbandingan kompresi 10,4 : 1. Spesifikasi mesin ini
juga terpasang dalam ruang dapur pacu Yamaha M-Slaz. Meski belum terkonfirmasi
apakah nanti M-Slaz ini benar-benar merupakan Yamaha Xabre 150 versi
Thailand, namun bila melihat tren yang berlaku memang kemungkinan besar
transformasi M-Slaz ke Indonesia dengan nama Xabre 150 akan terjadi. Nah, agar
Bro dan Sis tidak semakin penasaran, berikut ulasan khusus mengenai spesifikasi
dan harga Yamaha Xabre 150 pada segmen-segmen di bawah ini.
Spesifikasi Yamaha Xabre 150
Pada segmen
pertama ini, kita akan mengutak-atik spesifikasi Yamaha Xabre 150 di bagian
desain eksterior. Konsep desain Xabre 150 ini memang masih menggunakan basis
Yamaha M-Slaz. Penggunaan platform Yamaha MT Series ini sekaligus melanjutkan
kelihaian Yamaha dalam mendesain bodi sepeda motornya. Kali ini cukup
mengapresiasi langkah Yamaha dalam mendesain bodi Xabre 150. Untuk
tampilan eksteriornya sendiri, memang Yamaha Xabre 150 terlihat ‘out of the
box’ dan berani keluar dari pakem desain naked bike di Indonesia kebanyakan.
Dimulai dari headlamp yang terlihat aura street fighter yang sangat kuat dengan
model lampu mungil dengan sudut-sudut yang tajam. Lampu depan dan stoplamp yang
disematkan di Yamaha Xabre 150 sendiri sudah berjenis LED yang pastinya bakal
memberikan penerangan lebih maksimal. Berpindah untuk bagian tangkinya, juga
dirancang dengan bentuk yang gambot dan dibuat menjulang tinggi ke atas
layaknya motor liar jalanan. Pada tangki Xabre 150 tersebut menganut model
kondom dengan penutup bensin dibuat rata sehingga terlihat lebih berisi.
Keliaran Yamaha Xabre 150 ditambah dengan desain shroud muskular yang dibuat
memanjang ke depan. Lantas bergerak pada sektor jok, untuk yang satu ini masih
melekat aura Yamaha R-15 dengan model jok dibuat terpisah dan lancip ke
belakang. Untuk buritannya sendiri, Yamaha Xabre 150 menawarkan buritan yang
terlihat nungging dengan menghilangkan behel tanduk atau yang biasa disebut
pillion handle. Kemudian, guna semakin membuat gagah tampilan motor, pada
bagian belakang slebor dibuat dengan model gantung yang terlihat harmonis
bersanding dengan lengan ayun berjenis banana arm. Penampilan luar Yamaha Xabre
150 pun semakin gagah dengan desain muffler yang juga terlihat ideal dengan
bentuk besar, meskipun belum mengadopsi model kanlpot underbelly. Terakhir
menutup kekurangan di dimensi mesin yang kelihatan mungil, Yamaha mengakalinya
dengan menyematkan cover engine yang menyambung ke atas sampai ke shroud sehingga
bentuk silinder kecil khas Yamaha V-ixion pun bisa tertutupi. Secara umum,
basis desain yang diaplikasikan pada spesifikasi Yamaha Xabre 150 ini
memang top banget. Aura ‘liar’ khas street fighter masa kini sangat terasa.
Berpindah
dari desain fisiknya yang begitu kental dengan aura naked bik, sekarang
pembahasan akan menuju pada spesifikasi Yamaha Xabre 150 di bagian panel
dashboard-nya. Pada panel dashboardnya, motor baru besutan Yamaha ini pun
menggunakan konsep desain speedomoter minimalis namun tetap tampil dengan
sentuhan modern dan terlihat sporty. Kesan modern pada Xabre 150 bisa ditemukan
pada bagian speedometer yang kali ini mengusung panel full digital. Sekilas,
panel dashboard pada Yamaha Xabre 150 ini dibuat dengan model persegi panjang
tipis terbingkai frame elips yang ditempatkan pas di tengah-tengah bagian
kepalanya. Panel dashboard tersebut hanya ada satu cluster saja namun masih
informatif untuk menampilkan penunjuk speedometer, odometer, serta trip meter.
Pada bagian samping dasboard Yamaha Xabre 150 terdapat indikator lampu utama
serta lampu sein. Kemudian ada juga indikator penunjuk bahan bakar atau fuel
meter. So, jika melihat spesifikasi Yamaha Xabre 150 pada bagian panel
dashboard memang terlihat begitu minimalis, namun telah menggunakan teknologi
modern yang pastinya lebih akurat daripada panel analog.
Saatnya
bergerak pada sektor dimensional yang ada pada spesifikasi Yamaha Xabre 150
ini. Untuk bagian ini, terlihat bahwa bodi Xabre 150 memang bongsor khas motor
street fighter masa kini. Sebagaimana sepeda motor yang bersegmen street
fighter, Xabre 150 juga memiliki ukuran yang terlihat besar. Secara fisik, Xabre
150 memiliki ukuran keseluruhan 795 x 1,955 x 1,065 mm. Untuk ukuran orang
Indonesia, dimensi ini memang cukup bongsor. Tetapi untuk bobotnya sendiri,
mengingat motor ini menggendong mesin yang kecil, maka dipastikan bobot Yamaha
Xabre 150 tidak akan seberat moge. Ya, untuk berat bersihnya, Xabre 150
hanya memiliki bobot seberat 135 kg saja, itupun sudah termasuk berat bbm dan
juga oli. Lalu untuk ground clearance, Yamaha Xabre 150 memiliki ground
clearance setinggi 164 mm dan seat height berukuran 805 mm. Dengan bobot serta
dimensi yang dimilikinya, dipastikan Xabre 150 akan terasa nyaman dan asyik
untuk diajak bermanuver atau berakselerasi di jalan raya. Apalagi untuk Bro dan
Sis yang memiliki hobby touring tentunya tidak akan menemui banyak kendala
karena spesifikasi Yamaha Xabre 150 memang sudah dipersiapkan sedemikian
rupa agar tetap nyaman saat dikendarai.
Selanjutnya
kita berpindah pada bagian kaki-kaki dan suspensi. Sektor kaki-kaki sendiri
merupakan salah satu keunggulan spesifikasi Yamaha Xabre 150 yang mungkin tidak
dimiliki oleh motor sport 150cc lainnya di Indonesia. Untuk menjamin performa
berkendara, Xabre 150 memiliki basis desain rangka yang sama dengan Yamaha R15
atau Yamaha V-ixion lewat kerangka berjenis deltabox teleskopik. Dengan rangka
deltabox sendiri memiliki jaminan kualitas yang cukup terjamin serta
terkenal dengan stabilitas yang tinggi dan mudah dikendarai. Lantas untuk
suspensi depannya sendiri, Yamaha Xabre 150 sudah dibekali dengan suspensi
kelas atas lewat suspensi berjenis Up-Side down atau biasa dikenal dengan USD.
Suspensi jenis ini menawarkan stabilitas tinggi serta dapat disesuaikan
ketingggiannya mengikuti kontur jalan. Lalu pada suspensi belakang, layaknya
motor sport Yamaha lainnya, Yamaha Xabre 150 juga mengusung model monoshock
yang cukup nyaman saat digunakan berboncengan. Sedangkan pada bagian
pengereman, terbilang standar karena Xabre 150 masih mengusung pengereman
berjenis single disc atau cakram untuk depan dan belakang. Berpindah ke sektor
lengan ayun, Xabre 150 sudah menggunakan swing arm berjenis aluminum banana
style yang turut memberikan aroma racing dan juga kesan kokoh di bagian
kaki-kaki. Terakhir untuk ban dan velgnya, spesifikasi Yamaha Xabre 150
menawarkan roda penggerak cukup gambot dengan bekal velg berukuran 17 M / C-MT
3.50 untuk depan dan 17 M / C-MT 2.75 untuk belakang. Velg cast wheel tersebut
lantas dibalut dengan ban berukuran 110/70-17 M dan 130/70-17 M.
Setelah puas
mengajak Bro dan Sis untuk membedah tampilan luar dari spesifikasi Yamaha Xabre
150, kini saatnya kita akan mengulas spesifikasi jeroan dari motor baru Yamaha
ini. Seperti yang kita ketahui, untuk sektor penghasil performanya, Xabre 150
menggendong mesin turunan dari Yamaha YZF R-15. Artinya untuk spesifikasi
jeroannya, Xabre 150 mengusung mesin empat langkah dengan kubikasi 149 cc, satu
silinder SOHC 4 katup. Untuk pendingin mesinnya, Xabre 150 mengandalkan sistem
pendinginan liquid cooled atau berpendingin cairan. Mesin yang tertanam
pada Yamaha Xabre 150 ini mampu memuntahkan tenaga maksimal
sebesar 12,0 kW pada putaran mesin 8500 rpm, dan torsi puncak
mencapai 14,3 Nm pada putaran mesin 7500 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh
mesin Xabre ini sebenarnya masih seimbang dengan power yang dimiliki Yamaha
YZF-R15, karena memang basis mesinnya masih sama. Begitupun model
transmisinya, Yamaha Xabre 150 manganut model transmisi 6 percepatan bukan 5
percepatan seperti Yamaha V-Ixion meskipun untuk basis mesinnya adalah sama.
Untuk suplai bahan bakarnya, Xabre 150 menggunakan suplai bahan bakar berjenis
Fuel Injection yang pastinya membuat motor ini lebih efisien bahan bakar dan
ramah lingkungan. Patut diingat juga untuk spesifikasi mesin yang ada pada
Yamaha Xabre 150, melihat spesifikasi yang ada pada motor memiliki perbandingan
kompresi cukup tinggi yakni 10,4 : 1. Jadi dengan kompresi tersebut, dipastikan
Bro dan Sis wajib menggunakan BBM jenis Pertamax atau bahan bakar minimum 91
oktan demi menjaga performa motor lebih maksimal. So, melihat mesin yang
dibawanya kemungkinan besar spesifikasi Yamaha Xabre 150 ini memang lebih
mengejar tarikan awal mengingat untuk mesin SOHC masih kalah akselerasi dengan
mesin DOHC yang sudah mengusung sistem double cam.
Terakhir,
tibalah pembahasan untuk spesifikasi Yamaha Xabre 150 pada bagian fitur
penunjang atau fitur tambahannya. Sebenarnya untuk fitur ini tidak banyak yang
ditawarkan oleh Xabre 150 mengingat motor ini memang lebih menyasar segmen
bikers pemula. Umumnya fitur standar seperti LED Lamp, banana swing arm, atau speedometer
full digital sudah disematkan di Yamaha Xabre 150 ini. Untuk tangki bahan
bakarnya sendiri sudah mendukung untuk diajak berkendara jarak jauh dengan
kapasitas tangki bisa diisi hingga 10,2 liter. Kemudian yang jadi fitur menarik
lainnya adalah pada Xabre 150 telah disematkannya fitur MT-Switch yang
merupakan fitur yang biasa dibawa oleh Yamaha MT-Series. Dengan fitur canggih
yang ada pada Yamaha Xabre 150 ini Bro dan Sis bisa menyalakan motor tanpa
kunci. Meskipun untuk fitur ini masih simpang siur namun dari beberapa bocoran,
Xabre 150 juga akan dibekali fitur serupa mengingat pada konsol switchgear di
stang motor ini terlihat tidak ada tombol start listrik. Dari semua pembahasan
spesifikasi Yamaha Xabre 150 tadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa kali ini
Yamaha menghadirkan konsep motor naked style dengan perpaduan teknologi tinggi
dan desain futuristik yang pastinya keren banget.
Yamaha Xabre 150
|
|
Mesin
|
|
Tipe Mesin
|
4-Valve,
SOHC, Liquid Cooled
|
Kapasitas
Isi Silinder
|
149cc
|
Rasio
Kompresi
|
10,4:1
|
Diameter x
Langkah
|
57.0 x
58.7 mm
|
Sistem
Pengabutan Bahan Bakar
|
Fuel
Injection
|
Sistem
Kopling
|
Basah,
kopling manual, multiplat
|
Daya
Maksimum
|
12,0
kW/8500 rpm
|
Torsi
Maksimum
|
14,3
Nm/7500 rpm
|
Sistem
Starter
|
Pedal
& Elektrik dengan Switch Engine Stop
|
Dimensi
|
|
P x L x T
|
1.959 x
795 x 1.065 mm
|
Tinggi Jok
|
805 mm
|
Jarak
terendah ke tanah
|
164 mm
|
Berat isi
|
135 Kg
|
Kapasitas
Tanki
|
10,2 Liter
|
Sasis
|
|
Tipe
Rangka
|
Diamond
|
Suspensi
Depan
|
Teleskopik
|
Suspensi
Belakang
|
Swingarm
|
Ukuran Ban
Depan
|
110/70-17
(54S) Tubeless
|
Ukuran Ban
Belakang
|
130/70-17
(62S) Tubeless
|
Tipe Rem
Depan
|
Single
disk brake
|
Tipe Rem
Belakang
|
Single
disk brake
|
Kelistrikan
|
|
Baterai
|
GTZ4V/YTZ4V
|
Tipe Busi
|
NGK/CR9E
|
Fitur
Tambahan
|
|
Lampu
|
Full LED
(Light Emiting Diode)
|
Speedometer
|
Full
Digital
|
Harga Yamaha Xabre 150
Itulah tadi
ulasan spesifikasi teknis dari seri motor baru lansiran Yamaha dari
gen Yamaha MT Series, yang kali ini ternyata mengusung nama Xabre 150.
Setelah puas membedah semua sektor pada spesifikasinya, sekarang saatnya berbicara
mengenai harga Yamaha Xabre 150 yang secara resmi sudah dilepas ke pasaran
oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada pertengahan pekan
kemarin. Meski masih menggunakan basis platform yang sama dengan Yamaha M-Slaz
versi Thailand, namun Yamaha sendiri mengklaim bahwa Yamaha Xabre 150 ini
memiliki perbedaan dengan saudaranya tersebut. Sebagai varian street
fighter masa kini, Xabre 150 memang menawarkan aura ‘liar’ yang benar-benar
gahar. Mulai dari desain lampu depan yang dibuat dengan konsep bengis nan
agresif, lalu buritan yang juga memiliki aura sporty yang sangat kuat. Soal
mesin, memang gen yang dibawa oleh Xabre 150 ini masih merupakan gen mesin yang
sama dengan seri Yamaha R15. Lantas, apakah harga Yamaha Xabre 150 akan
sama dengan harga Yamaha R15? Ternyata YIMM sendiri melepas harga Xabre dengan
banderol yang berbeda dengan harga Yamaha YZF-R15. Bagaimana? Semakin penasaran
dengan harga Yamaha Xabre 150 ini?
Resmi
meluncur pada pertengahan pekan kemarin, harga Yamaha Xabre 150 dipatok
pada kisaran Rp 28.900.000,-, alias Rp 29 jutaan. Harga tersebut memang terpaut
tipis jika dibandingkan dengan banderol harga Yamaha R15. Jika melihat
nominal harganya, jelas bahwa Xabre 150 ini akan berdiri sejajar dengan Yamaha
R15 di segmen high-end motor sport, alias motor sport menengah kelas 150cc.
Namun bila dilihat dari banderol harganya juga, harga Yamaha Xabre 150 ini
ternyata masih di atas dua jagoan Yamaha di segmen low-end motor sport, yakni
New V-ixion Advance dan juga Byson FI. Hal ini kemudina menjadi menarik karena
kehadiran Xabre 150 dikhawatirkan akan ‘membunuh’ Yamaha V-ixion dan juga
Yamaha Byson. Namun kemungkinan ini sudah dibantah YIMM, dimana Yamaha
Xabre 150 akan menempati pangsa pasar yang berbeda dengan NVL dan juga Byson
FI. Pihak Yamaha sempat menyatakan bahwa Xabre secara khusus ditujukan untuk
penggunaan jarak jauh, sementara New V-ixion dan juga Byson lebih menyasar
daily usage, atau penggunaan harian. Namun secara umum, banderol
harga Yamaha Xabre 150 ini memang cukup kompetitif untuk pangsa pasar
sepeda motor sport kelas menengah.
Dirilis
resmi pada pertengahan kemarin dengan ditandai oleh kehadiran pembalap tim
Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi, Xabre 150 memang langsung tampil
menggiurkan. Jika berbicara soal harga Yamaha Xabre 150, well, memang
banderol harganya yang hampir menyentuh Rp 30 jutaan akan cukup menguras kocek.
Bila memperhatian kisaran harganya, Xabre 150 ini memang diplot untuk menempati
segmen sport menengah 150cc. Yamaha Xabre 150 akan mendampingi Yamaha R15
yang merupakan motor sport full fairing di kelas menengah. Satu hal yang pasti,
kehadiran Xabre 150 ini pastinya akan semakin mempersengit peta persaingain di
segmen sport high-end. Jika Yamaha V-ixion menggempur segmen pemula, maka Xabre
150 akan diplot untuk menempati segmen di atasnya. Banyak kalangan
menilai, kehadiran Xabre 150 ini akan menjadi lawan untuk All New Honda CB150R
versi facelift. Meski kelas mesinnya sama-sama 150cc, namun perkiraan
harga Yamaha Xabre 150 sendiri memang berada di atas harga Honda CB150R
facelift. Nah, kini pastinya opsi Bro dan Sis untuk memilih tunggangan di kelas
sport 150cc akan semakin beragam dengan kehadiran Xabre 150. Ulasan mengenai
kisaran harga Yamaha Xabre 150 ini sekaligus menutup perjumpaan kita pada
kesempatan review kali ini.
ConversionConversion EmoticonEmoticon